Sabtu, 02 Desember 2017

ULASAN1 - CLOUD COMPUTING

Pada ulasan kali ini, saya akan membahas Cloud Computing

Link youtube : https://youtu.be/36zducUX16w

Judul : Cloud Computing Service Models - IaaS PaaS SaaS explained

Pengarang : Ecourse Review

Durasi : 6 menit 42 detik

Cloud Computing adalah sebuah model untuk mengatur, menyimpan, dan memproses data secara online / lewat internet. Modelnya itu sendiri terbagi menjadi 3 jenis, yaitu SaaS (Software as a service), PaaS (Platform as a service), dan IaaS (Infrastructure as a service)

1. SaaS : Software yang tersedia di internet dimana user tidak perlu menginstall software tersebut di PC, sebagai gantinya user perlu koneksi internet supaya bisa memakai software tersebut.

Contoh : google docs, gmail, google calendar, microsoft office 365, google spreadsheet, dsb.

2. PaaS : Platform yang disediakan untuk tujuan tertentu tergantung spesifikasinya. Platform ini membuat user bisa melakukan build, compile, dan run program mereka tanpa perlu tahu seperti apa infranstruktur yang sedang mereka gunakan. Ada beberapa macam platform, misalnya platform yang berperan sebagai sebuah web server yang bisa dimanfaatkan untuk deployment sebuah aplikasi web.  Ada juga platform yang berperan sebagai database server.

Contoh : heroku, foce.com, google app enginer, windows azure.

3. IaaS : Service ini menawarkan Arsitektur dan Infranstruktur TI sebagai layanannya.

Contoh : Amazon Web Services, iCloud.

Pendapat saya tentang konten tersebut adalah kontennya bagus. Kontennya memberikan saya pencerahan tentang teknologi cloud computing dan berbagai bentuk service / layanan yang disediakan oleh perusahaan teknologi informasi (sebelumnya saya belum tau). Kontennya juga memberikan kelebihan dan kekurangan dari masing2 bentuk layanan sehingga kita bisa mempertimbangkan lagi sebelum menggunakan layanan tersebut.

Github account : alifahsanilsatria
URL ulasan : http://os-alifahsanilsatria.blogspot.co.id/2017/12/ulasan1-cloud-computing.html
URL konten : https://youtu.be/36zducUX16w
Pemetaan : week10
Revisi pertama : 2 Desember 2017
Revisi terakhir : 2 Desember 2017

Tidak ada komentar:

Posting Komentar